BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM

YOGYAKARTA

GALERI FOTO

LINK TERKAIT
Secantik Mutiara
SECANTIK MUTIARA    
 
Sepenggal judul itulah yang disampaikan dalam acara pertemuan Ibu-Ibu Dharma Wanita BKSDA Yogyakarta tanggal 01 Juni 2009 kemaren. Pemberian informasi seputar kecantikan wanita  disampaikan oleh Kasie Layanan Informasi Konsumen Balai Besar Pengamanan Obat dan Makanan (BP POM) Yogyakarta Dra. Diah Tjahjonowati, M.Si.Apt. Dalam kesempatan tersebut banyak diulas masalah kosmetik yang beredar di sekeliling kita, jenis bahan yang tidak boleh digunakan dalam pembuatan kosmetik, tips memilih kosmetik yang aman dll. Tema tersebut diambil karena banyak dari para Ibu yang belum mengetahui kosmetik yang aman dan tips untuk memilihnya, ketidaktahuan kandungan komposisi bahan pembuat kosmetik seperti  pewarna pakaian (Rhodamin B), Merkuri, Hidrokinon dan Tetrionin yang ternyata kendungan tersebut sangat berbahaya jika digunakan. Banyak anggapan bahwa putih itu cantik, sehingga banyak para wanita yang berlomba-lomba mengupayakan berbagai cara untuk mempercantik diri dan me make over wajah walaupun cara tersebut banyak yang membahayakan jiwa. Banyak dampak yang diakibatkan dari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan-bahan seperti merkuri, hidrokinon dan tetrionin, seperti :   Bahaya Merkuri            :
    Dapat menyebabkan iritasi mata, radang kulit, radang otak
    Rasa terbakar pada mulut dan tenggorokan,
    Kerusakan hati dan ginjal Batuk, demam, sakit kepala dan depresi.

  Bahaya Hidrokinon :
    Flek-flek hitam bertambah banyak jika digunakan secara langsung (terkena paparan sinar matahari), kulit melepuh, iritasi dan bahkan kebutaan.
  Bahaya Tetrionin :
    Banyak digunakan untuk kosmetik non Asia, jika digunakan untuk kulit tropis tidak cocok, sehingga akan membuat kulit tidak nyaman.
Dengan adanya bahaya-bahaya tersebut, diharapkan para Ibu dapat lebih hati-hati dalam pemilihan produk kosmetik seperti lipstik, blas on, bedak, hespray, krim pagi, krim malam, alas bedak, eye shadow dll, yang mana benda tersebut sangat dekat dengan para Ibu. Adapun Tips- tips yang diutarakan antaralain :
 
Memilih produk alami dari alam (back to nature).

Sebelum membeli melihat tanggal kadaluwarsa produk, melihat komposisi bahan, menghindari bahan yang mengandung Rhodamin B, Merkuri, Hidrokinon, Tetrionin, dan untuk batita dihdari bahan yang mengandung asam borat, asam salisilat, heksaklorofen.
 
Melihat kode barang dari BP POM, untuk barang sebelum tahun 2008 untuk barang dari luar negeri berkode CL yang diikuti 10 digit angka, sedangkan untuk di atas tahun 2008 untuk produk luar negeri berkode CA diikuti 10 digit angka.
 
Jika ragu-ragu dalam memilih produk hendaknya jangan dibeli dulu, bisa langsung ditanyakan ke layanan konsumen BP POM bahwa produk yang akan dibeli sudah terdaftar di BP POM.
 
Jika membeli produk, slip pembelian jangan dibuang dahulu sampai kita yakin produk tersebut tidak menimbulkan reaksi negatif terhadap tubuh kita.
 
Apabila terjadi reaksi negatif seperti alergi, mual, iritasi segera lapor ke bagian pelayanan konsumen BP POM terdekat.
 
  Masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh wanita untuk mempercantik diri dengan cara yang aman, belum tentu anggapan putih itu cantik dan yang paling penting kita harus mesyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan ke kita, karena hal tersebut adalah yang terbaik buat kita.
 
POLLING

Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai tampilan situs Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang baru ini ?

Bagus Sekali
Biasa Saja
No comment
VISITOR
1
9
3
8
9
4

BALAI KSDA YOGYAKARTA

Jl. Rajiman Km. 0,4 Wadas, Tridadi, Sleman, Yogyakarta

Telp/Fax : 0274-864203, 864130 | e-mail : bksda_yogya@yahoo.com

© 2012 Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta. All rights reserved