BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM

YOGYAKARTA

GALERI FOTO

LINK TERKAIT
PENGELOLAAN KAWASAN KARST SEBAGAI KAWASAN EKOSISTEM ESENSIAL DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Dalam rangka percepatan  pembangunan ekonomi lima tahun, Pemerintah pada tanggal 21 April 2010 telah menetapkan Inpres RI No.3/2010 tentang Program Pembangunan yang berkeadilan. Inpres ini dilatarbelakangi oleh usaha percepatan pembangunan ekonomi lima tahun ke depan, evaluasi dan penyempurnaan program-program Pro rakyat, perluasan Program Justice for all, serta target Indonesia mencapai sasaran Millennium Development goals (MDGs) yang tidak lepas dari motto pro jobs, pro poor dan pro growth.
Kementerian Kehutanan sebagai salah satu bagian dari pemerintahan memiliki tanggungjawab dalam salah satu program pada Inpres No. 3/2010 yaitu Konservasi Keanekargaman Hayati dan Perlindungan Hutan melalui Pengembangan Kawasan Konservasi dan Ekosistem Esensial. Hal tersebut juga sudah terurai dalam RENSTRA Direktorat Jenderal PHKA, di mana salah satu target capaiannya adalah meningkatnya pengelolaan kawasan konservasi dan kawasan esensial lainnya sebagai penyangga kehidupan. Peningkatan ini diharapkan setiap tahun akan meningkat luasannya secara kumulatif sebesar 2% pada tahun 2010 dan 4% pada tahun 2011.
Yang dimaksud ekosistem esensial adalah ekosistem atau kawasan yang memiliki keunikan habitat dan/atau jenis tumbuhan dan satwa liar dan atau mempunyai fungsi penting sebagai sistem penyangga kehidupan dan diutamakan yang berada di luar kawasan hutan. Sesuai dengan program di atas, pemerintah telah menetapkan 17 lokasi (kawasan peeletarian alam dan kawasan suaka alam) sebagai lokasi implementasi program pembangunan yang berkeadilan untuk tahun 2010-2014. Untuk tahun 2010 direkomendasikan tiga kawasan esensial sebagai lokasi program, salah satunya adalah Kawasan Karst di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.
Untuk menindaklanjuti implementasi program tersebut maka BKSDA telah mengadakan beberapa kegiatan sebagai berikut :
1. Rapat Koordinasi Pengelolaan Kawasan Karst sebagai Kawasan Esensial di Kampus Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 12 Oktober 2010. Rapat ini dihadiri oleh berbagai stakeholder dari Provinsi DIY, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, para akademisi dari UGM dan LSM pemerhati karst.  Pada Rapat Koordinasi ini dise pakati beberapa hal yang tertuang dalam Rumusan Rapat yang ditandatangani oleh beberapa peserta rapat sebagai perwakilan.
2. Workshop Pengelolaan Kawasan Karst sebagai Kawasan Esensial di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
 
POLLING

Ketika Liburan Keluarga, kemanakah anda membawa keluarga berlibur?

Pantai
Pegunungan
Museum
Mall
VISITOR
1
9
3
8
0
6

BALAI KSDA YOGYAKARTA

Jl. Rajiman Km. 0,4 Wadas, Tridadi, Sleman, Yogyakarta

Telp/Fax : 0274-864203, 864130 | e-mail : bksda_yogya@yahoo.com

© 2012 Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta. All rights reserved