BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM

YOGYAKARTA

GALERI FOTO

LINK TERKAIT
Penyuluhan Pengendalian Kebakaran Hutan

(kegiatan penyuluhan dilaksanakan oleh Polhut BKSDA DIY)

Kebakaran hutan yang hampir tiap tahun terjadi merupakan salah satu ancaman terhadap kelestarian hutan di Indonesia, di samping telah mengakibatkan berbagai kerusakan yang merugikan manusia. Kebakaran hutan biasanya terjadi pada musim kemarau, terutama musim kemarau yang panjang.
Secara garis besarnya, penyebab kebakaran hutan terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Dari banyak kasus yang terjadi, faktor manusia menjadi penyebab utamanya, sedangkan faktor alam seperti halilintar, gesekan ranting-ranting pohon yang kering hampir tak pernah menjadi penyebab kebakaran.
“Lebih Baik Mencegah Daripada Memadamkan” adalah prinsip yang perlu dipegang dalam menghadapi bahaya kebakaran hutan. Sesuai dengan tupoksi Balai KSDA Yogyakarta yaitu Pengendalian Kebakaran Hutan, maka sejauh mungkin kegiatan yang dilakukan selalu berupaya agar kawasan konservasi tetap aman.
Dalam upaya mendukung tupoksi balai tersebut, pada tanggal 20 Mei 2009 telah dilakukan kegiatan “Penyuluhan Pengendalian Kebakaran Hutan”. Adapun masyarakat sasaran penyuluhan adalah masyarakat sekitar kawasan konservasi SM Sermo.
Kegiatan yang telah dilaksanakan bertempat di rumah mantan Kepala Dusun Ringin Ardi, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Masyarakat sasaran yang diundang hanya 30 orang (yang dianggap mewakili) yaitu 2 orang (BDH dan RPH), 3 orang Kepala Desa, 5 orang Kepala Dusun dan 20 orang dari 4 kelompok yang mewakili.  
Pada kesempatan ini, yang menjadi narasumber ada 8 orang yaitu 6 orang sebagai pemateri tentang pengendalian kebakaran hutan, mulai dari pencegahan, pemadaman sampai dengan peraturan perundangan yang mengaturnya. Sedangkan 2 orang (Kepala Balai KSDA dan Kepala SKW I) sebagai pemateri tentang kebijakan Balai KSDA Yogyakarta berhubungan dengan kebakaran hutan.
Pada kegiatan ini, sejauh mungkin pihak Balai KSDA mengajak dan mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang membahayakan bagi keberadaan hutan, mengingat kawasan SM Sermo berdekatan dengan hutan produksi dan tempat wisata waduk Sermo (yang notabene : kawasan SM Sermo sering dilalui pengunjung). Selain masyarakat sendiri yang berupaya menjaga kawasan hutan, juga diharapkan masyarakat mengingatkan bila ada pengunjung yang diduga akan melakukan kegiatan yang dirasa akan membahayakan keberadaan hutan Sermo dan sekitarnya.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat sekitar kawasan SM Sermo ini benar-benar memahami arti penting dari keberadaan hutan bagi kehidupan masyarakat.  
 
POLLING

Anda lebih suka melihat satwa dimana?

alam bebas/habitat aslinya
kebun binatang
sekitar rumah
penangkaran
VISITOR
0
0
2
1
1
4

BALAI KSDA YOGYAKARTA

Jl. Rajiman Km. 0,4 Wadas, Tridadi, Sleman, Yogyakarta

Telp/Fax : 0274-864203, 864130 | e-mail : bksda_yogya@yahoo.com

© 2012 Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta. All rights reserved